Rabu, 14 November 2012

Materi: Lembaga Sosial


 Materi: Lembaga Sosial

SKL 7

Menjelaskan peran dan fungsi lembaga sosial

Materi:

• Pengertian dan hakekat lembaga

• Tipe-tipe lembaga

• Peran dan fungsi lembaga

Ringkasan

A. PENGERTIAN LEMBAGA SOSIAL

Lembaga Sosial menurut para ahli:

1. Mac Iver dan Page yaitu tata cara atau prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang berkelompok dalam suatu kelompok kemasyarakatan yang dinamakan asosiasi

2. Horton dan Hunt, lembaga sosial adalah suatu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting

3. Kornblum mengemukakan bahwa lembaga sosial sebagai suatu struktur status dan peran yang diarahkan ke pemenuhan keperluan dasar anggota masyarakat

4. Koentjoroningrat memberi batasan yang dimaksud dengan pranata sosial adalah sistem yang menjadi wahana yang memungkinkan warga masyarakat itu untuk berinteraksi menurut pola resmi atau suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas untuk memenuhi kebutuhan kompleks khusus dalam kehidupan manusia

B. PROSES PERTUMBUHAN LEMBAGA

a. berdasarkan kekuatan pengikatnya terbentuk melalui cara(usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores) dan adat (custom)

b. berdasarkan proses norma-norma dalam pembentukannya sebagai lembaga yaitu proses pelembagaan (institutionalization) , yaitu dikenal, diakui, dihargaai dan ditaati dalam kehidupan serta norma norma yang internalized yaitu norma telah meresap dalam jiwa anggota masyarakat

c. Unsur penting lembaga sosial yaitu

1. berkaitan dengan kebutuhan pokok

2. merupakan seperangkat aturan

3. merupakan cara bertindak yang mengikat

C. CIRI – CIRI LEMBAGA

1. Merupakan suatu organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatandan hasilnya terdiri atas adat istiadat, tata kelakuan dan kebiasaan serta unsur-unsur kebudayaan yang secara langsung dan tidak tergabung dalam suatu unit yang fungsional

2. Mempunyai tingkat kekekalan tertentu sehingga orang menganggapnya sebagai himpunan norma yang sudah sewajarnya harus dipertahankan

3. Mempunyai suatu atau beberapa tujuan tertentu

4. Mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan

5. Mempunyai lambang atau simbol yang menggambarkan tujuan dan fungsinya

6. Mempunyai tradisi tertulis ataupun tidak tertulis yang merupakan dasar dari pranata yang bersangkuat dalam menjalankan fungsinya

Unsur penting Lembaga Sosial

1. Pranata sosial mencakup kebutuhan dasar (basic need)

2. Merupakan seperangkat aturan dan perilaku yang relatif tetap, tersusun dan terstruktur

3. Merupakan cara bertindak yang mengikat

Cara Mempelajari Lembaga Sosial

1. Analisis secara historis, bertujuan meneliti sejarah timbul dan berkembangnya

2. Analisis komparatif, bertujuan menelaah suatu lembaga tertentu dalam berbagai masyarakat berlainan atau berbagai lapisan sosial masyarakat

3. Analisis fungsional, yaitu menganalisis hubungan antara lembaga-lembaga dalam masyarakat

Fungsi Pranata

1. menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan

2. memberikan pedoman pada anggota anggota masyarakat bagaimana ia harus bertingkah laku di dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat yang bersangkuatan

3. memberikan pegangan kepada masyarakat untuk menandakan sistem pengendalian sosial yaitu sistem pengawasan dari masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya

D. TIPE – TIPE LEMBAGA

Menurut Gillin dan Gililin tipe lembaga sosial dapat ditinjau dari berbagai sudut antara lain

1. Dari Sudut Perkembangannya

a. crescive institutions : tidak sengaja dibentuk dari adat istiadat masyarakat. Contoh : institusi agama, pernikahan

b. enacted institutions : sengaja dibentuk dari adat istiadat masyarakat. Contoh : institusi pendidikan

2. Dari Sudut Sistem Nilai yang Diterima oleh Masyarakat

a. basic institutions : penting untuk memelihara tata tertib di masyarakat. Contoh : keluarga, sekolah, negara

b. subsidiary institutions: dianggap kurang penting untuk memelihara tata tertib di masyarakat. Contoh : rekreasi

3. Dari Sudut Penerimaan Masyarakat

a. approved atau social sanctional institutions : diterima oleh masyarakat.

Contoh: sekolah dan perusahaan dagang

b. unsanctioned institutions : ditolak oleh masyarakat, walau masyarakat tidak mampu memberantasnya. Contoh : penjahat, pencoleng

4. Dari Sudut Penyebarannya

a. general institutions : diterima oleh sebagian besar masyarakat dunia. Contoh: pranata agama

b. resstricted institutions : dikenal oleh masyarakat tertentu saja. Contoh : pranata agama Islam, Kristen, Katholik, budha dan Hindu

5. Dari Sudut Fungsinya

a. operative institutions : berfungsi menghimpun pola-pola atau tata cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan dari masyarakat yang bersangkutan, misal, masyarakat industri

b. regulative institutions : bertujuan mengawasi adat istiadat atau tata kelakuan yang ada dalam masyarakat, misalnya pranata hukum seperti kejaksaan dan pengadilan

D. BEBERAPA LEMBAGA YANG PENTING DI MASYARAKAT

1. Lembaga Keluarga

a. Karakteristik Keluarga

Menurut Mac Iver dan Charlen Horton:

1) merupakan hubungan perkawinan

2) bentuk suatu kelembagaan yang berkaitan dengan hubungan perkawinan yang dibentuk atau dipelihara

3) mempunyai suatu sistem tata nama (nomeclatur) termasuk perhitungan garis keturunan

4) mempunyai fungsi ekonomi yang dibentuk oleh anggotanya

5) merupakan tempat tinggal bersama, rumah atau rumah tangga

b. Ciri – ciri Keluarga

Merupakan gemeinscaft yang didalamnya terdapat ciri kelompok primer, yaitu :

1) antar anggota mempunyai hubungan yang intim dan hangat

2) kooperatif

3) face to face

4) anggota keluarga memberlakukan anggota yang lain sebagai tujuan bukan alat untuk mencapai tujuan

c. Proses Terbentuknya Keluarga

1) tahap formatif atau pre neptual, masa persiapan sebelum perkewinan. Meliputi peminangan atau pertunangan

2) tahap perkawinan atau nuptual stage, yaitu ketika dilangsungkannya perkawinan dan sesudahnya tetapi sebelum melahirkan anak- anak

3) tahap pemeliharaan anak-anak atau child rearing stage yaitu keluarga dengan anak-anak hasil perkawinan

4) Tahap keluarga dewasa atau maturity stage yaitu suatu kelaurga dengan anak-anak yang telah mampu berdiri sendiri dan membentuk keluarga baru

Menurut UU No 1 Tahun 1974

Perkawinan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan YME

Perkawinan harus didasarkan persetujuan kedua calon mempelai, keduanya sebaiknya sudah berusia 21 tahun keatas

d. Fungsi dan Peran Lembaga Keluarga

Menurut Horton dan Hunt :

1. pengaturan hubungan biologis

2. reproduksi

3. sosialisasi

4. afeksi

5. definisi status

6. perlindungan dan ekonomi

Ada pula yang menambahkan keluarga berfungsi sebagai pengawas atau kontrol sosial

Fungsi latennya adalah menerusan gelar kebangsawanan

Adapun peran keluarga adalah dasar pembantu utama struktur sosial yang lebih luas. Jadi keluarga sebagai wadah pembentukan tingkah laku masyarakat termasuk dalam saluran penerus tradisi/budaya dalam masyarakat

Berkembangnya gaya hidup baru yang merusak fungsi keluarga menurut Giddens yaitu: hidup bersama diluar nikah (cohabitation), keluarga orang tua homoseksual (gay parent families) dan hidup membujang

2. Lembaga Pendidikan

Lingkungan pendidikan dibedakan menjadi 3, keluarga (informal), sekolah (formal) dan masyarakat (non formal), misalnya kursus dan bimbingan belajar

Menurut Horton dan Hunt fungsi lembaga pendidikan adalah sebagai berikut:

Fungsi Manifest Pendidikan

Fungsi Utama Manifes Pendidikan

Fungsi manifest pendidikan merupakan fungsi yang tampak dan dapat dirasakan manfaat nya secara langsung oleh masyarakat

1) membantu orang untuk sanggup mencari nafkah

2) menolong orang untuk mengembangkan potensinya demi pemenuhan kebutuhan pribadi dan pembangunan masyarakat

Fungsi Tambahan Manifest Pendidikan

1) melestarikan kebudayaan melalui proses pewarisan

2) merangsang partisipasi demikratis dan mengembangkan kemampuan berfikir rasional

3) memperkaya kehidupan dengan pengembangan cakrawala intelektual dan estetika

4) meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri melalui bimbingan pribadi dan berbagai kursus

5) meningkatkan taraf kesehatan melalui olah raga

6) menciptakan warga negara yang patriotik melalui berbagai pelajaran

7) menunjang integrasi antara ras yang berbeda

8) membentuk kepribadian melalui tata tertib dan aturan lembaga pendidikan

Fungsi Laten Pendidikan

1. Menciptakan ketidakdewasaan atau memperpanjang masa remaja

2. Mengurangi pengendalian orang tua

3. Menyediakan sarana untuk pembangkangan

4. Mempertahankan sistem kelas sosial

5. Alat mobilitas sosial

3. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga yang menangani masalah kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup bermasyarakat

Ada beberapa tipe sistem ekonomi di dunia yaitu:

b. Tipe ekonomi campuran yaitu gabungan antara sistem kapitalis dan sosialis

c. Tipe ekonomi Komunis yaitu dipimpin oleh partai tunggal

d. Sistem ekonomi masyarakat fasis yaitu masyarakat yang dipimpin oleh suatu partai diktaktor yang diorganisir oleh seorang pimpinan yang kharismatik

e. Sistem ekonomi Indonesia bertumpu pada pasal 33 UUD 1945

Fungsi Lembaga Ekonomi

Dalam hal ini mengacu pada fungsi pasar yaitu:

1) mengatur kehidupan sosial dan ekonomi

2) tempat pertukaran bebas

3) mengubah struktur sosial budaya

4. Lembaga Politik

Kornblum mendefinisikan institusi politik sebagai seperangkat norma dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang.

Terbentukanya suatu lembaga politik dalam arti terbentuknya suatu nation (bangsa) dalam suatu negara adalah sebagai berikut:

1) mengadakan kegiatan dan proyek yang dapat menjawab keinginan warga masyarakat

2) menekan adanya persamaan nilai, norma atau sejarah melalui pengajaran di sekolah , media massa

3) pembentukan tentara nasional dari suatu negara merdeka dengan partisipasi semua golongan yang ada dalam masyarakat

4) mengadakan upacara pada kesempatan tertentu

Menurut Weber dominasi dibagi menjadi 3 jenis

1) Dominasi kharismatik yang didasarkan pada kewibawaan atau kharisma seseorang

2) Dominasi Tradisional didasar pada tradisi dan keturunan

3) Dominasi Legal – Rasional yaitu didasarkan kepada aturan hukum yang dibuat dengan sengaja atas dasar pertimbangan rasional

Lembaga politik mempunyai fungsi umum sebagai berikut:

1) Menghubungkan antara kekuasaan dengan warga masyarakat sehingga keteraturan tertib sosial terpelihara

2) Menangani masalah administrasi dan tata tertib umum demi terciptanya keamanan dan ketentraman masyarakat

Adapun yang ditertibkan adalah kepentingan-kepentingan dari warga masyarakat itu sendiri sehingga tidak terjadi benturan antara kepentingan antar individu maupun kelompok. Untuk melaksanakan suatu kebijakan suatu lembaga memerlukan kekuasaan dan kewenangan dengan demikian kehidupan politik tidak lepas dari sistem penagturan pembagian kekuasaan dan kewenangan. Pembagian kekuasaan dan kewenangan di negara Indonesia dibagi menjadi kekuasaan legislatif, kekuasaan yudikatif dan kekuasaan eksekutif.

Sebagai wujud nyata atau pelaksana dari kekuasaan, lembaga politik mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. melembagakan norma melalui undang-undang yang disampaikan oleh badan legislatif

2. melaksanakan undang-undang yang telah disetujui

3. meyelesaikan konflik yang terjadi di antara para warga masyarakat sehubungan dengan kepentingan tertentu dari warga masyarakat yang bersangkutan

4. menyelenggarakan pelayanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan seterusnya

5. melindungi para warga mayarakat atau warga negara dari serangan bangsa lain

6. memelihara kesiapsiagaan atau kewspadaan dalam menghadapi bahaya

5. Lembaga Agama

Menurut Horton dan Hunt agama mempunyai fungsi manifest dan laten. Fungsi manifest agama berkaitan dengan segi-segi doktrin, ritual dan aturan perilaku dalam agama.Fungsi laten dari agama yaitu membagi masyarakat dunia ke dalam golongan sosial, kelas sosial dan atas dasar agama ataupun tingkat keimanan. Secara sosiologis agama sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena pengetahuan dan keahlian tidak berhasil menjawab seluruh persoalan yang dihadapi manusia. Menurut Durkheim fungsi agama dari segi mikro yaitu melalui komunikasi dengan Tuhannya orang yang beriman akan menjadi lebih kuat sehingga menurutnya fungsi agama ialah untuk menggerakkan kita dan membantu kita untuk hidup. Dari segi makro, agama menjalankan fungsi positif karena memenuhi kebutuhan masyarakat untuk secara berkal menegakkan dan memperkuat perasaan dan ide kolektif yang menjadi ciri dan inti persatuan masyarakat tersebut.

Unsur Agama

1. Kepercayaan

2. Praktek keagamaan/ Ritual

3. Simbol agama

4. Umat

5. Pengalaman

Adapun fungsi agama secara umum adalah :

1. sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok

2. mengatur hubungan antarmanusia dan manusia dengan Tuhannya

3. merupakan tuntunan prinsip benar dan salah

4. pedoman mengungkapkan rasa kebersamaan

5. pedoman perasaan keyakinan (belief)

6. mengungkapkan keindahan (estetika)

7. pedoman jiwa dalam mencari ketenangan dan kesegaran jiwa

8. memberikan identitas kepada manusia sebagai umat dari suatu agama

SOAL UJIAN NASIONAL

1. Lembaga ekonomi merupakan suatu lembaga yang mengurusi pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Berikut ini yang bukan fungsi lembaga ekonomi adalah.....

a. mendapatkan bahan pangan

b. melakukan pertukaran barang

c. mengatur harga jual barang

d. menggunakan tenaga kerja

e. membatasi taraf hidup

Jawab: E

Lembaga ekonomi adalah lembaga sosial yang memenuhi tugas produksi dan distribusi barang-barang dan jasa-jasa dalam suatu masyarakat. Menurut Kornblum (1988) penelitian terhadap lembaga ekonomi difokuskan pada pokok bahasan: pasar dan pembagian kerja, interaksi pemerintah dan lembaga ekonomi, perubahan pada pekerjaan, meliputi pula ideologi-ideologi ekonomi yang mempengaruhi perkembangan masyarakat, pekerjaan dan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan dunia usaha

2. Lembaga sosial dalam masyarakat berfungsi sebagai....

a. pola atau cara untuk memenuhi kebutuhankat

b. adat istiadat atau tata kelakuan dalam masyar

c. aturan di masyarakat tentang generasi muda

d. tata tertib di masyarakat untuk kebaikan bersama

e. tata tertib di masyarakat sesuai tujuan sosial

Jawab: A

Horton dan Horton mendefinisikan lembaga sosial sebagai sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang terorganisir, yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

3. Perhatikan kegiatan lembaga keluarga berikut ini!

1. menyediakan makan dan minum untuk anggotanya

2. memberikan air susu ibu (asi) untuk bayi yang dilahirkan

3. membiasakan sopan santun terhadap orang yang lebih tua

4. mematikan televisi ketika sedanga ada orang sembayang

Yang termasuk fungsi sosialisasi adalah

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 3 dan 4

Jawab: E

Disini sebagai fungsi sosialisasi keluarga bertanggungjawab untuk mengajarkan anggota baru masyarakat tentang apa yang seharusnya mereka ketahui, perilaku apa yang seharusnya dilakukan agar dapat berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat

4. Masyarakat Eropa mengalami perubahan menuju kemajuan karena mengamalkan ajaran agama Protestan yang menekankan cara hidup hemat dan kerja keras. Kenyataan tersebut menunjukkan peran agama sebagai....

a. ajaran tentang ketuhanan

b. faktor pendorong kehidupan sosial

c. tuntutan hidup masyarakat tertentu

d. tujuan hidup berdasarkan ajaran Tuhan

e. norma untuk mencapai kebahagiaan abadi

Jawab : D

konsep tersebut diuraikan oleh Weber bahwa pada masa itu baginya bahwa semua aktivitas kehidupan dikaitkan dengan agama karena agama berperan sebagai tujuan hidup berdasarkan ajaran Tuhan.

5. Masyarakat membangun lembaga ekonomi dalam bentuk perusahaan, badan usaha, maupun koperasi. Semua lembaga ekonomi tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap....

a. keamanan dan kedamaian

b. ketertiban dan keteraturan

c. kemakmuran dan kesejahteraan

d. kerukunan dan ketenangan

e. keutuhan dankebersamaan

Jawab : C

Karena lembaga ekonomi merupakan lembaga sosial yang menangani masalah kesejahteraan material guna tercapai kemakmuran bagi kelangsungan hidup masyarakat.

6. Fungsi pranata agama bagi kelangsungan hidup bermasyarakat adalah mengatur kegiatan bersama dalam memenuhi kebutuhan terhadap....

a. ketertiban dan keamanan

b. kehidupan ekonomi

c. kebahagiaan hakiki

d. kerukunan hidup bersama

e. prinsip benar atau salah

Jawab : C

Fungsi pokok lembaga agama yaitu memberikan pedoman bagi manusia untuk berhubungan dengan Tuhannya dengan tujuan akan kebahagiaan yang hakiki.

7. Lembaga atau pranata sosial berfungsi sebagai sarana untuk memelihara dan mempertahankan sistem sosial. Sedangkan tujuannya adalah...

a. mematuhi peraturan di dalam masyarakat

b. mengawasi aturan-aturan dalam masyarakat

c. melestarikan adat-istiadat dalam masyarakat

d. menjaga kebaikan sikap hidup bersama

e. memenuhi kebutuhan masyarakat

Jawab : E

Suatu lembaga sosial bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Tanpa adanya lembaga sosial maka manusia sangat mustahil dapat melangsungkan hidupnya karena melalui lembaga tersebutlah segala interaksi antarmanusia dapat memnuhi kebutuhan dan tercapainya keteraturan.

8. Beberapa kegiatan dalam keluarga :

7. Ayah bekerja keras mencari nafkah

8. Ayah menegur anaknya yang duduk di meja

9. Rekreasi bersama di akhir pekan

10. Ibu menanyakan model baju yang disukai anak

Kegiatan keluarga yang menunjukkan fungsi afeksi adalah...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 3 dan 4

Jawab : E

Fungsi afeksi merupakan kebutuhan kasih sayang yang berkaitan dengan perasaan atau emosinya. Kedua contoh tersebut memiliki hubungan sosial yang penuh kemesraan, intim dan afektif juga terlihat oerhatian yang lebih dalam berinteraksi.

Tidak ada komentar:

.